Rabu, 27 Juni 2012

Yang Perlu Dilakukan Setelah Install Ubuntu 12.04

Setelah install ubuntu 12.04 pasti kalian bingung dan bertanya-tanyakan mau diapakan ubuntu 12.04 ini. Berikut ini langkah-langkah setelah kalian install ubuntu 12.04. langsung saja.!!

1.Pelajari begitu banyak fitur-fitur terbaru yang ada diubuntu 12.04 LTS anda.Liat video berikut ini...

2.Lakukan update ubuntu 12.04 anda melalui update manager.


3.Install Ubuntu-Restricted-Extras 
sangat disarankan untuk menginstallnya bagi kalian yang ingin mendengarkan musik atau melihat film. Fungsi dari ubuntu-restricted-extras ini adalah paket aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan media untuk melihat film, flash dan font microsoft kemudian kita juga bisa mendengarkan musik yang kita sukai. Langsung saja ketik perintah berikut ini diterminal anda dengan cara ctrl+t  :

  • sudo apt-get install  ubuntu-restricted-extras  
bisa juga dengan kalian membuka 
  • Ubuntu Software Manager 
  • cari Ubuntu-restricted-extras 
  • kemudian klik Install.
4. Atur Desktop kalian
    Terdapat kurang lebih 14 wallpaper baru dan 5 tema standar yang perlu kita coba di Ubuntu 12.04 ini, silahkan kalian  gunakan dan atur sesukamu.

5. Atur Privacy
   Coba kalian klik menu Dash dan liat apa yang muncul di dash tadi yang kalian klik, seluruh file dan aflikasi yang  pernah kalian buka akan terlihat bukan? Nah, jika kalian ingin menghilangkan fitur recent activity ini, kalian bisa   mengaturnya di System Setting > Privacy


6. Aktifkan Ubuntu One
Ubuntu One menurut saya adalah salah satu fitur keren yang wajib digunakan di Ubuntu. Kalo kalian  belum tau Ubuntu One itu apa, Ubuntu One adalah sistem penyimpanan data cloud seperti halnya  Dropbox atau Google Drive. Ubuntu One menyediakan media penyimpanan 5GB gratis. untuk mendaftar,  kalian perlu menginstall Ubuntu Obenya terlebih dahalu. ketik perintah berikut di terminal anda :

  • sudo apt-get install ubuntuone-client ubuntuone-control-panel
    kemudian jalankan lewat menu Desh>Ubuntu One


7. Install aplikasi-aplikasi yang kalian butuhkan
    Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang kalian tambahkan ke Ubuntu kalian untuk memenuhi kebutuhan kalian    masing-masing. Silahkan kalian cari aplikasi-aplikasi yang kalian butuhkan di Ubuntu Software Center

8. Install Driver Tambahan
    Jika kalian mempunyai hardware-hardware yang masih belum terintstall dengan baik di Ubuntu 12.04,  jangan khawatir karena kalian dapat menginstal driver-driver proprietary lewat fitur additional driver.


9. Install Libre Office Global Menu
    Liber Office secara default belum support global menu dengan baik. Oleh karena itu kalian perlu untuk   menginstallnya secara manual.



10. Selamat Menikmati
      Ini adalah point terpenting. Setelah semua yang telah kalian lakukan, kalian wajib untuk menikmati Ubuntu 12.04, Browsing dengan Firefox, mendengarkan musik dengan Rhytmbox, nonton film dengan VLC, chatting dengan Empathy, hingga main game-game seru semacam Super tux cart. Nikmati kelebihan dan kekurangan Ubuntu 12.04 !


Semoga Bermanfaat.. :)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting