Jumat, 06 Juli 2012

Menghemat Batre Di Linux



Para pengguna Linux (apapun distronya) pasti sudah merasakan enaknya menggunakan sistem yang stabil, bebas virus, dan tidak perlu crack, patch, atau semisalnya dalam menginstal aplikasi. Namun, ada sedikit "kendala" yang menghantui pengguna Linux khususnya di komputer jinjing alias laptop. Banyak yang mengeluh karena baterai laptop lebih boros jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Entah itu hanya sugesti atau memang kenyataannya seperti itu, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi sedikit tips menghemat baterai laptop di Linux. Tips ini merupakan tips umum, dan mungkin kalian sudah menerapkan kebanyakan tips ini.

Menghemat baterai laptop di Linux
Gunakan fasilitas Power Management
Setiap distribusi Linux biasanya mempunyai fasilitas Power Management yang mengatur perilaku komputer ketika komputer dan baterai berada dalam kondisi tertentu. Kalian dapat mengatur komputer agar sleep ketika tidak digunakan selama selang waktu tertentu, mengatur kecerahan layar, meng-hibernate ketika baterai hampir habis dan lain-lain.


Fitur Power Management di XFCE
Matikan hardware yang tidak digunakan
Ketika menggunakan laptop dengan baterai, kalian dapat mematikan hardware yang sedang tidak digunakan seperti mematikan speaker alias mute, mematikan Wifi (jika kalian tidak sedang internetan), dan perangkat lain yang menurut kalian sedang tidak digunakan. Ada beberapa cara melakukan hal ini, untuk mematikan speaker kalian dapat menekan Fn+F8 (untuk laptop Acer) atau lewat ikon di panel.
Mematikan speake (mute)
Untuk mematikan Wifi pun dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan menekan tombol di laptop (berbeda-beda tiap laptop), mematikan lewat Network Manager, atau mengetik perintah lewat Terminal.
Mematikan wifi
Jika Network Manager tidak dapat mematikan Wifi, kalian dapat mengetik perintah berikut untuk mematikan Wifi:
view plainprint?
  • sudo iwconfig wlan0 txpower off  
Untuk menghidupkan Wifi lagi, ketik perintah berikut:
view plainprint?
  • sudo iwconfig wlan0 txpower on  
Manfaatkan prosesor multi-core kalian
Kernel Linux mempunyai fitur untuk menghemat energi dengan membagi "beban" proses ke prosesor-prosesor yang ada. Jika kalian mempunyai laptop dengan prosesor multi-core, maka kalian dapat memanfaatkan fitur ini dengan memasukkan angka 1 ke file "/sys/devices/system/cpu/sched_mc_power_savings".
Optimalisasi prosesor multi-core
Untuk mengembalikan seperti semula, tinggal ganti angka 1 di atas dengan angka 0.


Matikan aplikasi yang "memakan" prosesor
Semakin berat kerja prosesor maka akan semakin boros baterai, apalagi kipas prosesor akan berputar lebih cepat. Nah, kalian dapat menggunakan System Monitor untuk memantau aplikasi apa saja yang memakan banyak prosesor dan mematikannya jika memang tidak dibutuhkan.
Memantau aplikasi yang berjalan
Memilih aplikasi yang ringan untuk melakukan pekerjaan tertentu merupakan keputusan bijak untuk menghemat baterai laptop. Seperti, memilih Transmission daripada Vuze untuk aplikasi BitTorrent Client dan lain-lain.


Jaga laptop kalian tetap dingin
Sepanjang yang saya ketahui, musuh "utama" baterai laptop adalah panas. Bahkan efisiensi baterai laptop dapat berkurang meskipun tidak dipakai jika disimpan di tempat yang panas. Pastikan laptop kalian tetap dingin, salah satu caranya adalah memastikan bahwa ventilasi laptop dapat berfungsi dengan baik.


Lakukan update!
Jangan lupa untuk meng-update Linux kalian. Kernel Linux semakin hari semakin meningkatkan fiturnya, bisa jadi di antara peningkatkan fiturnya adalah penghematan dalam penggunaan baterai laptop. Jadi, jangan menyepelekan update.

Semoga Bermanfaat   :)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting